VISI, MISI DAN TUJUAN
SD NEGERI SAPURO 05
A.
VISI |
B. MISI |
Mengacu pada visi sekolah
diatas, maka misi yang akan dilaksanakan
sebagai berikut :
a.
Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Mahaesa.
b.
Menanamkan pendidikan etika dan estetika dalam kehidupan sehari – hari.
c.
Menanamkan pendidikan hidup sehat dan bersih.
d.
Melaksanakan pola pembelajaran aktif, kreatif dan mandiri.
e.
Memberikan bekal Ilmu pengetahuan dan Teknologi pada siswa secara
optimal.
C. TUJUAN SEKOLAH |
- Mengoptiomalkan proses pembelajaran dengan pendekatan
yang berpusat pada siswa (student
centered learning), antara lain CTL, Pakem, serta layanan Bimbingan dan Konseling.
- Memperoleh kejuaraan lomba siswa
berprestasi mata pelajaran, olympiade sains, festival kreatifitas siswa
baik di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi maupun nasional.
- Menciptakan lulusan-lulusan yang berkualitas yang berwawasan Nasional dan Internasional.
- Membekali anak- anak
didik dengan dasar IPTEK, penguasaan teknologi
informasi secara benar, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif.
- Menciptakan
generasi muda yang kompetitif, kreatif, inovatif, aktif di
lingkup
nasional maupun Internasional yang mampu bersaing secara global.
- Menumbuhkembangkan penghayatan terhadap agama, rasa cinta, estetika
di
lingkungan sekolah dan masyarakat sehingga
terwujud generasi yang peduli
dan
berbudaya lingkungan serta berkarakter Pancasila
- Menjadi sekolah adiwiyata
mandiri.
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
No |
Deskripsi Karakter |
Karakter Bangsa |
1 |
Religius |
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang
dianutnya, toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun
dengan pemeluk agama lain. |
2 |
Jujur |
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang
yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
3 |
Toleransi |
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, sikap,
dan tindakan orang lain yangberbeda dari dirinya. |
4 |
Disiplin |
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai
ketentuan dan peraturan. |
5 |
Kerja Keras |
Perilaku yang menujukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai
hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. |
6 |
Kreatif |
Berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasikan cara atau hasil baru
dari sesuatu yang telah dimiliki. |
7 |
Mandiri |
Sikap dan perillaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan
tugas-tugas. |
8 |
Demokratis |
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan
kewajiban dirinya dan orang lain. |
9 |
Rasa Ingin Tahu |
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam
dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. |
10 |
Semangat Kebangsaan |
Cara berfikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan
bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
11 |
Cinta Tanah Air |
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan,
kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik,
sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. |
12 |
Menghargai Prestasi |
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu
yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan
orang lain. |
13 |
Bersahabat/ Komunikatif |
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan
bekerja sama dengan orang lain. |
14 |
Cinta Damai |
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabakan orang lain merasa
senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
15 |
Gemar Membaca |
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang
memberikan kebajikan bagi dirinya. |
16 |
Peduli Lingkungan |
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada
lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk
memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. |
17 |
Peduli Sosial |
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain
dan masyarakat yang membutuhkan. |
18 |
Tanggung jawab |
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya,
yang seharusnya diam lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan
(alam, sosial, dan budaya), negara, dan Tuhan Yang Maha Esa. |
|
|
|
2.
Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa serta Tujuan Pencapaian
No |
Deskripsi Karakter |
Tujuan Pencapaian |
1 |
Religius |
Tujuan : v Menanamkan kebiasaan hidup yang selalu menjalankan setiap amal ketaatan
serta menanamkan sikap peduli sesama dan menjadikan kegiatan itu semua menjadi
sebuah kebiasaan hidup |
2 |
Jujur |
Tujuan : v Melatih kejujuran serta menanamkan sikap saling mempercayai dan berani
menyampaikan pendapat. |
3 |
Toleransi |
Tujuan : v Menanamkan sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku,
etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari
dirinya. |
4 |
Disiplin |
Tujuan : v
Menanamkan dan melatih
agar selalu tepat waktu, bertanggungjawab terhadap apa yang menjadi
tanggungjawabnya serta mentaati peraturan yang telah disepakati. |
5 |
Kerja Keras |
Tujuan : v
Mengisi
kegiatan-kegiatan mendidik, serta menjalankan tugas-tugas yang menjadi
tanggungjawabnya dengan penuh kesungguhan. |
6 |
Kreatif |
Tujuan : v
Mengembangkan apresiasi
bakat yang dimiliki serta menyalurkan ide-ide yang telah dimiliki unukdiaplikasikan
dalam bentuk media. |
7 |
Mandiri |
Tujuan : v
Menanamkan untuk
membiasakan tidak mudah tergantung
kepada orang lain sebelum dirinya sendiri berusaha dengan penuh
kesungguhan. |
8 |
Demokratis |
Tujuan : v
Menanamkan sikap berani
mengutarakan pendapat disertai pengambilan keputusan dengan penuh
tanggungjawab serta memiliki sikap kerja sama yang kuat. |
9 |
Rasa
Ingin Tahu |
Tujuan : v
Menjadikan sikap berani
untuk menayakan hal-hal yang belum dipahami serta mampu melakukan eksperimen. |
10 |
Semangat Kebangsaan |
Tujuan : v
Menanamkan sikap cinta
terhadap bangsa dan negara serta berjiwa nasiolaisme yang kokoh. |
11 |
Cinta Tanah Air |
Tujuan : v
Menjadikan kegiatan
keseharian bercirikan budaya bangsa serta mengetahui aneka ragam kebudayaan
yang ada. |
12 |
Menghargai Prestasi |
Tujuan : v
Memberikan penghargaan
yang menjadikan anak lebih semangat dan lebih berkreasi. |
13 |
Bersahabat/Komunikatif |
Tujuan : v
Menanamkan sikap saling
menghargai serta kekeluargaan antar teman serta menghargai orang lain. |
14 |
Cinta Damai |
Tujuan : v
Menanamkan sikap
tolong-menolong serta rasa persaudaraan dan memiliki tanggungjawab terhadap
kebersamaan. |
15 |
Gemar Membaca |
Tujuan : v
Mengenalkan serta
membiasakan kegiatan membaca menjadi menu yang wajib untuk dikonsumsi setiap
hari. |
16 |
Peduli Lingkungan |
Tujuan : v
Menanamkan sikap mejaga
dan merawat terhadap lingkungan serta menjadikan itu semua sebagi salah satu
sikap yang wajib dimiliki. |
17 |
Peduli Sosial |
Tujuan : v
Menanamkan pentingnya
saling merasakan keadaan disekitar kita dasn menjadikan sikap yang peka
terhadap keadaan sosial. |
18 |
Tanggungjawab |
Tujuan : v
Menanamkan sikap penuh
tanggungjawab dalam pengaplikasian di kehidupannya. |